Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Cuan Dari Rumah

Tips Gaji Kecil Bisa Beli Mobil Cash Tanpa Kredit

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hai semuanya, pada kali ini saya akan membahas tentang Tips Gaji Kecil Bisa Beli Mobil Cash Tanpa Kredit. Banyak orang yang punya mindset yang salah tentang beli mobil. 

Pemikirannya kalau nggak beli secara kredit lewat leasing ya kapan punyanya. Mindset seperti ini 100% keliru dan penyebab rugi puluhan juta. Karena kalau beli lewat leasing kita kena bunga. Di artikel ini saya akan bongkar habis cara gaji 3 juta bisa beli mobil secara cash keras tanpa ribet-ribet kredit. 

Saya masih nggak habis pikir, orang-orang yang beli mobil secara kredit tapi sebenarnya nggak butuh-butuh amat. Soalnya dalam hal membeli sesuatu dua hal yang harus kita pertimbangkan adalah kemampuan dan juga kebutuhan. 

Tips-Gaji-Kecil-Bisa-Beli-Mobil-Cash-Tanpa-Kredit

Ambil contoh beli mobil. ada orang yang butuh tapi mampu, ini biasanya orang yang beli mobil untuk taksi online, Dia mampu dengan cara mencicil dengan cara kredit. Meskipun spekulatif, ini tidak masalah. Soalnya belinya itu sebagai investasi bukan konsumtif. Sehingga penghasilannya dari taksi online bisa untuk mengangsur cicilan mobilnya. 

Tapi ada orang yang gak butuh ya gak begitu mampu tapi beli mobil, punya uang cuma sebanyak nominal DP mobilnya, nekat beli mobil secara kredit dengan tenor paling lama agar cicilan di setiap bulannya itu sedikit. Yang ada malah keuangannya hancur berantakan berkeping-keping kalau seperti itu. 

Sebagai contoh Mari kita berhitung mengenai simulasi kredit mobil. Anggap saja kita mau beli mobil dengan merek Toyota Avanza, dengan harga 200 juta dengan DP terendah yaitu 20% dan tenor lama yaitu 60 bulan atau 5 tahun. Juga dengan Asuransi total loss only dengan pembayaran asuransi secara kredit. Akhirnya untuk simulasinya keluar angka 4 juta Angsuran yang harus kita bayar dalam setiap bulannya. Kalau uang dp-nya atau tdp-nya 40 juta, berarti total biaya yang harus kita keluarkan adalah 40 juta ditambah 240 juta = 280 juta. 

Bayangkan harga mobil yang kalau secara cash kita beli dengan harga 200 juta, kalau kredit 5 tahun bisa sampai 280 juta, biayanya bengkak 80 juta. Sedangkan yang namanya Mobil harganya pasti mengalami depresiasi atau penyusutan. 5 tahun lagi bukan tidak mungkin kalau dijual harganya itu hanya cuma 150 juta saja. 

Kamu pikir lagi ya, keluar uang 280 juta cuma dapat 150 juta hampir rugi setengahnya. Kalau buat usaha masih mending, tapi kebanyakan orang beli mobil ya buat pribadi konsumtif demi gengsi demi prestise. Meskipun aslinya pondasi keuangannya itu rapuh dan gampang goyang. 

Nah kalau teman-teman udah paham perhitungan seperti ini, saya akan sharing secara detail gaji 3 juta membeli mobil secara cash tanpa kredit. Jadi di sini ada beberapa langkah yang harus teman-teman lakukan agar bisa beli mobil Cash dengan gaji 3 juta. 

1. Niat yang kuat dan tujuan yang jelas 

Kamu harus punya niat yang jelas, niat beli mobil itu buat apa. Karena mobil kan kebutuhan tersier dan gak harus. Jadi sebenarnya gak punya mobil pun gak masalah. Tapi kalaupun harus punya, alasan kenapa harus punya mobil itu harus jelas. Karena kalau alasannya biar dianggap sukses, dianggap keren di mata tetangga, apakah sepadan pengeluaran yang kamu keluarkan dengan pujian yang bakal kamu terima setelah beli mobil?

Soalnya selain mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak di depan, dengan memiliki mobil juga terbebani biaya operasional yang sangat besar, juga konsumsi BBM yang lebih boros dibanding sepeda motor. Pajak kendaraannya berkali lipat lebih mahal dari sepeda motor.  Belum lagi biaya service dan ganti oli, biaya ganti sparepart, biaya parkir yang lebih mahal, biaya tol dan masih banyak aspek lainnya yang harus kamu pikirkan dan pertimbangkan secara matang-matang sebelum memutuskan beli mobil. Nah kalau kamu udah pikirkan secara matang Mari kita ke langkah yang kedua. 

2. Budgeting secara menyeluruh 

Kita semua pasti sepakat kalau membeli mobil pasti melibatkan uang yang banyak. nah Karena itulah kita harus menyusun budgeting secara detail dan menyeluruh. Budgeting tentang apa aja tentang pengeluaran bulanan secara detail. Misalnya biaya makan sebulannya itu berapa. Anggap saja Rp1.100.000 itu dengan satu istri dan belum punya anak, ini udah hemat-hematan dengan budget segini makan buat dua orang dalam sebulan.

Selanjutnya biaya transportasi Rp 300.000, ada juga pulsa dan internet untuk dua orang anggaplah Rp 100.000, terus liburan Rp 100.000, sedekah Rp 200.000, ini bisa sedekah ke orang tua bisa juga sedekah ke kaum duafa, biaya lainnya Rp 200.000 ini juga bisa sebagai biaya tak terduga. Jadi keseluruhan pengeluaran ini kalau dijumlahkan semuanya adalah Rp 2.000.000. Kalau gaji 3 juta berarti kan sisanya adalah 1 juta, ini bisa sebagai tabungan. Jadi dalam sebulan kita bisa menabung Rp1 juta, yang nantinya akan kita kumpulkan untuk membeli mobil. 

3. Hunting mobil 

Pada langkah yang ketiga ini, yang akan kita lakukan adalah dengan melakukan hunting mobil. Kita mensurvei dan meriset mobil mana yang akan kita beli. Coba teman-teman buka Situs jual beli mobil, terus cari mobil dengan harga yang terjangkau. Di sana misal harganya Rp50.000.000 itu kan ada banyak kan di sana loh berarti beli mobilnya itu bekas. 

Misalnya aja kalau di OLX banyak yang harganya itu di bawah Rp50 Juta. kita itu bisa pilih bandingkan yang satu dengan yang lain. Misalnya aja yang ini nih Mobil tahun 2005 dengan harga Rp 42.000.000, menariknya lagi adalah harga itu masih nego sampai Deal. Anggap saja dealnya itu di angka Rp 40 juta. Berarti dengan nabung 1 juta/bulan, kita perlu nabung selama 40 bulan atau sekitar 3 tahun lebih 4 bulan biar bisa beli mobil secara cash. 

Baca Juga : 
Jadi dengan cara seperti ini kamu bisa beli mobil, meskipun dengan gaji Rp3 juta dan belinya itu tanpa bunga. Sehingga bisa dipakai buat jalan-jalan happy-happy sama keluarga tercinta tanpa harus memikirkan setoran. Jadi solusi seperti ini bisa kamu coba dan bisa kamu pertimbangkan.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, Support terus dengan cara share artikel ini ke teman kamu sebanyak-banyaknya. Jika ada Pertanyaan silahkan tulis di Kolom Komentar.

Posting Komentar untuk "Tips Gaji Kecil Bisa Beli Mobil Cash Tanpa Kredit"